Kamis, 02 Desember 2010

Next challenge [ajenk]

Mendekati tanggal 5 Desember 2010.
Makin degdegan, makin stress, makin penasaran.
Yupz, tanggal segitu ada Noryoukushiken (noken) semacem toefl dalam bahasa inggris, DEFL dalam bahasa Perancis dan Noken dalam bahasa Jepang. Ke depannya bilang Noken aja ya ..
Asalnya noken cuma di adakan setahun sekali dalam empat level, level terendah level 4 dan level tertinggi adalah level 1. Ujian ini diadakan serentak diseluruh dunia.

Nah, sekarang Noken di adakan 1 tahun 2 kali. Yang pertama itu bulan juli kemaren, (tapi di jakarta, jd ga ikut). dan jadi 5 level, dari level terendah N5, N4, N3, N2 dan N1. Walaupun tahun kemaren jenk udah lulus level 3, tahun ini harus ikut N3. hoho ..

Kenapa peraturannya di ubah, soalnya jarak kemampuan level 3 sama level 2 itu jauh. Contohnya : kalo level 3 harus menguasai 500 kanji, level 2 harus menguasai 1000 kanji. Makanya lahirnya N3, sebagai penengahnya.

Persiapannya ga mateng nih.
kalo tahun kemaren, jenk bela-belain belajar seminggu sekali sama senpai dari jauh-jauh hari, sampai akhirnya bisa lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. Sayangnya, tahun ini kabar dari bidang yang ngurus Noken, agak simpang siur, sampai akhirnya jenk males ikutan. Mana belajar sendiri juga ga bener lagi T________________________________T.

Karena bayarnya agak mahal (Rp. 100.000) ..walaupun kata kakak kelas jenk "santai ajalah, lulus alhamdulillah, ga lulus ga apa" . Tapi jenk ga mau, sayang uangnya, pertanggungjawabannya ke mama dll. Pokoknya harus lulus! Mudah-mudahan level N3 beneran gampang seperti kata senpaitachi ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar